MSRI, GRESIK - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Lembaga Perlindungan Konsumen Republik Indonesia (LPK-RI) Kabupaten Gresik menggelar audiensi bersama jajaran perangkat Desa Mojowuku terkait dugaan penyerobotan lahan milik petani. Kamis (2/10/2025).
Kegiatan yang digelar di Kantor Desa Mojowuku pukul 14.07 WIB itu sekaligus menjadi momentum penting dengan hadirnya jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LPK-RI yang didampingi pengurus DPC Jombang.
Dalam audiensi ini hadir Ketua DPC LPK-RI Gresik, Gus Aulia, SE., S.H., M.M., M.Ph., perwakilan DPP LPK-RI atas mandat Ketua Umum DPP LPK-RI, Faiz Adam, yang diwakili Mas Dana, serta Kepala Desa Mojowuku, Aji Notoprawiro.
Perwakilan DPP menegaskan pentingnya soliditas antar-DPC di seluruh Indonesia dalam memperjuangkan hak-hak konsumen sekaligus memperkuat kolaborasi kelembagaan.
Audiensi ini juga menjadi wadah peneguhan komitmen DPC Gresik dalam mendampingi masyarakat, khususnya petani yang terjerat persoalan agraria. Melalui dialog bersama Kepala Desa Mojowuku, konflik sengketa lahan yang selama ini berlarut mulai menemukan titik terang menuju penyelesaian adil dan berpihak kepada petani.
“Semoga konflik sengketa lahan ini segera tuntas dengan pembayaran lunas kepada para petani, sehingga hak masyarakat benar-benar terpenuhi,” tegas Mas Dana dari DPP LPK-RI.
Ketua DPC LPK-RI Kabupaten Gresik, Gus Aulia, turut memberikan apresiasi atas perhatian pusat. “Kami sangat berterima kasih kepada Ketua Umum DPP LPK-RI, Bapak Faiz Adam, yang melalui utusannya Mas Dana hadir bersama kami. Kehadiran ini adalah bukti nyata dukungan dan perhatian DPP terhadap perjuangan DPC Gresik dalam membela aspirasi masyarakat,” ungkapnya.
Peran Strategis LPK-RI dalam Advokasi Konsumen
Sebagai lembaga perlindungan konsumen, LPK-RI terus berkomitmen aktif memberikan advokasi dan konsultasi hukum di berbagai bidang, antara lain:
• Kredit macet
• Ancaman lelang rumah (agunan)
• Penyitaan/penarikan kendaraan kredit
• Pemutusan listrik sepihak
• Pinjaman online (Pinjol)
• Asuransi
• Persoalan agraria
• Pelayanan publik
• Pelayanan kesehatan
• Pendidikan
• Makanan dan minuman
• Ketenagakerjaan
• Dan berbagai masalah lain yang merugikan konsumen
Dengan cakupan luas tersebut, LPK-RI menegaskan perannya sebagai garda terdepan dalam memperjuangkan hak-hak konsumen, sekaligus mempererat jalinan kerja sama antar-DPC dan DPP di seluruh Indonesia.
Langkah Strategis ke Depan
Menutup pertemuan, perwakilan DPP LPK-RI, Mas Dana, menyampaikan bahwa pihaknya segera berkoordinasi dengan Ketua Umum untuk menghadirkan para jenderal yang menjadi Pembina dan Penasehat LPK-RI ke DPC Gresik.
Kehadiran tokoh-tokoh strategis ini diharapkan dapat memberikan bimbingan, arahan, serta masukan penting dalam memperkuat advokasi, mengingat masih banyak ketidakadilan yang dialami masyarakat-baik oleh lembaga swasta maupun penyalahgunaan wewenang pejabat publik.
Dalam penegasannya, DPP LPK-RI menyampaikan pesan kuat:
“Di mana ada ketidakadilan, di situ kami akan hadir untuk memberantasnya.”
Audiensi ini tidak hanya menjadi ruang konsolidasi, tetapi juga penanda bahwa LPK-RI tetap konsisten menjadi tameng dan suara rakyat, khususnya konsumen dan petani, yang sering menjadi korban dari praktik tidak adil.
{Eka F.A}
dibaca
Posting Komentar
Hi Please, Do not Spam in Comments